Sabtu, 15 Oktober 2011

Makanan Lezat Ini Mampu Lindungi Anda Dari Flu!

Mengkonsumsi yogurt bisa menjadi kunci untuk tetap sehat saat pilek dan flu menyerang. Probiotik merupakan bakteri baik yang banyak terdapat dalam yogurt, yang dapat membantu mencegah flu dan infeksi saluran pernafasan. Orang yang mengkonsumsi probiotik lebih dari satu minggu, memiliki peluang lebih kecil terserang infeksi saluran pernafasan. Para peneliti juga menyatakan bahwa yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Pada kasus infeksi saluran pernafasan seperti pilek, sinusitis, pharyngitis, batuk, dan infeksi telinga, banyak di antara Anda yang mungkin mendapatkan penanganan yang salah dalam mengatasi penyakit ini. Biasanya Anda akan diberikan beberapa dosis antibiotik untuk mengatasinya. Padahal sebenarnya antibiotik kurang efektif untuk mencegah virus.
Apakah Probiotik Itu?
World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa probiotik adalah organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang banyak terdapat pada sistem pencernaan. Bakteri ini dibagi dalam dua kelompok, yaitu Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidus.
Dari Manakah Probiotik Bisa Didapat?
Probiotik bisa didapat dari jenis makanan seperti yogurt, susu fermentasi atau non fermentasi, dan olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Probiotik juga bermanfaat sebagai suplemen ketika Anda sedang berdiet.
Manfaat Probiotik
Probiotik biasanya digunakan untuk mencegah kram dan diare yang dipicu oleh antibiotik. Usus Anda berisi sekitar 400 jenis bakteri probiotik yang membantu pencernaan agar tetap sehat, tetapi mengonsumsi antibiotik dapat membunuh bakteri baik dan jahat, sehingga menyebabkan efek samping gastrointestinal. Dengan kandungan bakteri yang baik, probiotik dapat membantu mengurangi atau mencegah diare yang disebabkan antibiotik.
Probiotik Membantu Mencegah Infeksi Virus
Probiotik memiliki dua manfaat utama yaitu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat integritas dinding usus dan meningkatkan fagosit, yang berfungsi menelan dan menyerap bakteri dan partikel asing lainnya. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi teori ini. Peneliti mengetahui bahwa bakteri di dalam usus memainkan peran utama dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga masuk akal jika probiotik dapat membantu memperkuat pertahanan alami tubuh.
Efek Samping Penggunaan Probiotik
Beberapa studi menemukan bahwa mikro organisme hidup dapat memicu sakit perut, diare, atau mual. Namun, ketika para peneliti dikumpulkan, mereka tidak menemukan perbedaan yang signifikan antara orang-orang yang mengonsumsi probiotik dan mereka yang tidak.
Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Makanan Kaya Probiotik
Ketika membeli produk probiotik dengan kualitas terbaik, periksa label makanan dan temukan yoghurt yang mengatakan “contain live culture”. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, konsultasikan kepada dokter Anda apakah penggunaan probiotik baik untuk Anda.
Yoghurt atau makanan lain yang mengandung bakteri baik bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah flu dan infeksi lainnya, namun para ahli masih melakukan penelitian lebih lanjut masih tetap berjalan untuk mengetahui efektivitas penggunaan probiotik untuk mengatasi flu. Namun, selain mengandung probiotik, yogurt masih mengandung sederet nutrisi penting untuk kesehatan Anda. Selain itu, konsumsilah juga makanan kaya vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dan mencegah Anda dari flu!
dari 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar