Sabtu, 22 Oktober 2011

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid yang terletak di pusat ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Sukarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban.
Lokasi masjid ini berada di timur laut lapangan Monumen Nasional (Monas). Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai. Masjid ini mempunyai kubah yang diameternya 45 meter. Masjid ini mampu menampung orang hingga lebih dari dua ratus ribu jamaah.
Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam. Tidak diketahui apakah umat non-Islam dapat berkunjung ke masjid ini.
Pada tiap hari besar Islam seperti Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad dan Isra dan Mi'raj presiden Republik Indonesia selalu mengadakan kegiatan keagamaan di masjid ini yang disiarkan secara langsung melalui televisi.
Masjid Istiqlal
Istiqlal Mosque Monas.jpg Masjid Istiqlal
Letak Jakarta, Indonesia
Afiliasi agama Islam
Deskripsi arsitektur
Arsitek Frederich Silaban
Jenis arsitektur Mesjid
Gaya arsitektur Frederich Silaban
Pembukaan tanah 24 Agustus 1951
Tahun selesai 22 Februari 1953
Dibuka 22 Februari 1953
Renovasi 22 Februari 1953
Biaya pembangunan 7 triyun rupiah (USD 12 juta)[rujukan?]
Spesifikasi
Kapasitas 120,000
Kubah 2
Diameter kubah (luar) 45 meter
Menara 1
Tinggi menara 90 meter

[sunting] Galeri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar