Jumat, 28 Oktober 2011

Sejarah Internet di Dunia

Sejarah Internet di Dunia: Dimulai 1957 - 4 Oktober - Uni Soviet meluncurkan Sputnik, satelit bumi buatan pertama. Tahun 1958 - 7 Februari - Sebagai tanggapan terhadap peluncuran Sputnik, US Department of direktif isu Pertahanan mendirikan Advanced Research Projects Agency (ARPA).

Organisasi yg disis beberapa orang Amerika yang paling brilian, yang mengembangkan satelit pertama Amerika Serikat berhasil 'dalam 18 bulan. Beberapa tahun kemudian ARPA mulai fokus pada jaringan komputer dan teknologi komunikasi.

Pada tahun 1962, Dr J.C.R. Licklider telah dipilih untuk memimpin riset ARPA dalam meningkatkan penggunaan militer teknologi komputer. Licklider adalah seorang visioner yang berusaha memanfaatkan komputer lebih interaktif.

Untuk segera memperluas teknologi, Licklider melihat perlunya untuk memindahkan kontrak ARPA dari sektor swasta untuk universitas dan meletakkan dasar untuk apa yang akan menjadi ARPANET. Kabel Atlantik 1858 dan Sputnik tahun 1957 adalah dua tonggak dasar prasejarah Internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar